Sunday, January 2, 2011

KERUSUHAN : Dua Kelompok Bentrok, 1 Tewas.

Utama Lampost : Senin, 3 Januari 2011

KERUSUHAN: Dua Kelompok Bentrok, 1 Tewas

GEDUNGMENENG (Lampost): Sekelompok pemuda Kampung Gunungtapa, Kecamatan Gedungmeneng, Tulangbawang, terlibat tawuran, Sabtu (1-1) siang. Seorang tewas dan satu lainnya tertusuk.

Korban Gede Jodi (18), warga Dusun Kotakarang, Kampung Gunungtapa, tewas akibat tertusuk di perut. Sedangkan rekannya, Made Rebok (17), mengalami luka tusuk di bahu.

Menurut Made Rebok, saat itu dia bersama teman-temannya di antaranya Ketut Ardika, Gusur, Dian, Irawan—semua mengendarai sepeda motor—

berjalan-jalan rekreasi ke penampungan limbah cair pabrik tebu PT Indo Lampung Perkasa (ILP), tak jauh dari rumah mereka.

Setelah itu, rombongan bermaksud pindah ke Km 52 untuk menonton pertunjukan kuda lumping. "Saya berangkat duluan dan menunggu di pintu masuk penampungan limbah," ujar Made Rebok di rumahnya kemarin.

Tiba-tiba, seorang pemuda dari kelompok lain menghampiri Made Rebok. Dia menanyakan mengapa Made memainkan gas motornya kencang-kencang. "Saya sudah jelaskan karena tali koplingnya putus."

Sempat terjadi perdebatan, tapi pemuda itu kemudian pergi. Tak lama kemudian datang Gede Jodi dan kakaknya, Yase. Mendengar cerita dari Made Rebok, keduanya tersinggung lalu mengejar lawan. Teman-teman Made Rebok pun mengikuti keduanya.

Sampai di pasar bedeng Km 43, mereka tak menemukan orang yang dicari. Akhirnya, Made Rebok pulang bersama Gede. Ternyata, kelompok lain yang mereka kejar belum meninggalkan pasar.

Rebok dan Gede Jodi disergap empat pemuda yang membawa senjata tajam. Melihat Gede dikeroyok, Rebok berusaha menolong. Tapi, Rebok juga kena tusuk di bahunya. Setelah kawanan itu kabur, Rebok melarikan Gede ke klinik kesehatan terdekat tapi nyawanya tidak tertolong.

Syahmin, tokoh Kampung Gunungtapa, menyerahkan masalah itu kepada yang berwajib. Ia mengakui warga Gunungtapa sempat ketakutan karena ada isu keluarga korban akan menyerang kampung. Perempuan dan anak-anak pun sempat diungsikan melalui Way Tulangbawang. Tapi, isu itu tidak terbukti.

Kapolpos Gedungmeneng Briptu Apriansyah saat dikonfirmasi mengatakan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, sudah ada tim gabungan dari Polsek Gedungmeneng, Polres Tulangbawang, dan dari Polda Lampung. Saat ini baru satu orang yang diamankan karena diduga terlibat pembunuhan terhadap Gede Jodi, yaitu Kadir, sedangkan tiga lainnya masih diburu. (UNA/R-2)

No comments:

Post a Comment