Thursday, November 8, 2012

Angin Puting Beliung Terjang 2 Desa di Lampung Utara

08/11/2012 11:15 WIB
Angin Puting Beliung Terjang 2 Desa di Lampung Utara
Politikindonesia - Angin puting beliung terjang dua desa, yakni Desa Gilih Suka Negeri dan Desa Cabang Empat, Kecamatan Abung Selatan, Kabupaten Lampung Utara. Akibat terjangan angin itu, atap rumah warga berterbangan diterpa pusaran angin yang disertai hujan deras, Selasa (06/11) sekitar pukul 17.30 WIB.

Pusaran angin disertai hujan deras yang datang seketika membuat warga dua di desa di Abung Selatan menjadi panik hingga berlarian keluar rumah. Tidak hanya sampah dedaunan dan ranting yang dibawa terbang pusaran angin. Bahkan atap rumah warga pun ada yang terbang diterpa kencangnya angin hingga porak poranda.

Riswan, 30, warga Desa Gilih Suka Negeri, mengatakan, angin itu datang secara tiba-tiba. Sebelumnya cuaca hanya terlihat mendung saja. Sekitar setengah jam kemudian, Riswan mendengar suara gemuruh dan melihat awan berwarna hitam.

“Saat itu sepertinya akan turun hujan lebat. Bersamaan dengan derasnya hujan, tiba-tiba saja datang angin kencang yang membentuk pusaran membuat daun dan ranting pohon itu berterbangan,” kata Riswan.

Tidak lama kemudian pusaran angin itu menerpa rumah-rumah warga. Selain rumah bergetar, atap rumah juga berterbangan. “Takut tertimpa reruntuhan rumah, saya dan keluarga beserta warga desa lainya lari keluar dari rumah di tengah guyuran hujan lebat, untuk mencari perlindungan dan menjauhi lokasi,” ujar Riswan.

Maria ,25, warga Desa Gilih Suka Negeri membenarkan, akibat angin puting beliung itu, anaknya yang masih balita menjadi sakit demam dan flu karena kehujanan. “Tidak hanya Desa kami, Desa Cabang Empat juga yang diterpa angin puting beliung,” ujar Maria.

Ketua DPRD Lampura M Yusrizal yang melakukan peninjauan ke dua desa yang diterpa angin puting beliung, melihat rumah warga yang telah porak poranda. Kemudian M Yusrizal memberikan bantuan sebagai rasa keprihatinan untuk meringankan beban korban.
(oes/rin/wan)

No comments:

Post a Comment