Thursday, November 8, 2012

KERUSUHAN LAMPUNG TENGAH: Polda Lampung Ciduk 5 Provokator


Bandarlampung, 9/11 (ANTARA) - Aparat Kepolisian Daerah Lampung telah mengankan sebanyak 5 orang yang diduga menjadi provokator terjadinya kerusuhan di Kampung Kesumadadi, Kecamatan Bekri, Kabupaten Lampung Tengah kemarin (8/11).


"Saat ini masih pendalaman apakah nantinya ada penambahan, pengurangan atau penetapan tersangka," ujar Kabid Humas Polda Lampung Ajun Komisarir Besar Polisi (AKBP) Sulistyaningsih hari ini, Jumat (9/11/2012), kepada kantor berita Antara.

Menurutnya, kondisi saat ini sudah aman massa pada Kamis malam (8/11/2012) pukul 19.00 WIB telah dapat dibubarkan dan didorong keluar oleh petugas keamanan dari Brimob Polda Lampung.

"Pada pukul 19.30 WIB bapak Kapolda dan Muspida Kabupaten Lampung Tengah, Pejabat Utama Polda Lampung sudah bisa masuk kelokasi, melihat langsung ke Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan melihat rumah yang dibakar dan dirusak oleh warga tersebut," lanjutnya.

Saat ini, ia melanjutkan, warga desa Kusumadadi kurang lebih 300 jiwa telah diungsikan di Pondok Pesantren Darul Mustakhin yang berada di sekitar desa setempat.

"Sebanyak lima kompi dari Brimob Lampung, satu kompi gabungan Sabhara Polda Lampung, satu Satuan Setingkat Kompi TNI, satu pleton Sat Pol PP disiagakan guna mengamankan daerah itu sekaligus mengantisipasi terjadinya meluasnya kerusuhan," turu Sulistyaningsih.


Pemicu kerusuhan

Sebelumnya, penyebab terjadi penyerangan kepada warga Kampung Kesumadadi, Kecamatan Bekri, Kabupaten Lampung Tengah oleh warga Kampung Buyut Udik, Kecamatan Gunungsugih, Kamis, masih simpang siur.

"Penyerangan diduga terjadi akibat adanya seorang warga Buyut Udik yang dituduh mencuri sapi, kemudian dibakar massa di Kampung Kesumadadi, Bekri," kata Sulistyaningsih Kamis (8/11/2012).

Warga Kampung Buyut Udik yang merasa kehilangan satu warganya, langsung mengambil tindakan sendiri, karena mereka tidak terima dengan tindakan massa itu, dengan melakukan penyerangan ke Kampung Kesumadadi, ujar Sulistyaningsih pula.

Puluhan sepeda motor berbondong-bondong mendatangi Kampung Kesumadadi dengan tujuan melakukan perusakan dan membakar rumah warga di sini.

Puluhan rumah yang telah ditinggalkan penghuninya sejak dua hari lalu, menjadi sasaran dibakar oleh mereka yang datang ke Kampung Kesumadadi itu.

"Perusakan dan pembakaran rumah terjadi sejak pukul 13.00 WIB, dan setelah kejadian itu warga meninggalkan kampung tersebut," tuturnya. (sut)

Sumber : Bisnis Indonesia 9 Oktober 2012

No comments:

Post a Comment