Wednesday, May 18, 2011

PEMBANGUNAN : Dua Kampung Merasa Tak Disentuh

Ruwa Jurai Lampost : Kamis, 19 Mei 2011



Nasib Tiyuh Toho.

GUNUNGKATUN (Lampost): Masyarakat Kampung Gunungkatun Tanjungan dan Kampung Gunungkatun Malai, Tulangbawang Udik, Tulangbawang Barat, meminta Pemkab setempat memprioritaskan pembangunan di wilayah tersebut.

"Kondisi sejumlah kampung tua saat ini jauh tertinggal dari kampung transmigrasi. Ini harus menjadi perhatian serius pemerintah. Seperti yang terjadi di kampung kami, hampir tidak tersentuh pembangunan," kata tokoh masyarakat Kampung Gunungkatun Tanjungan dan Kampung Gunungkatun Malai, A. Yusuf, saat memberikan sambutan dalam pengukuhan Persatuan Muda-Mudi Gunungkatun (Permuguka), Senin (18-5).

Pengukuhan Permuguka dilakukan Pj. Bupati Tulangbawang Barat Bachtiar Basri. Kegiatan itu dihadiri tokoh masyakat, Camat Tulangbawang Udik, serta kepala kampung kedua kampung tersebut. Permuguka itu dinakhodai tokoh pemuda di kampung setempat, Laili Wandanar.

Yusuf mengatakan saat masih bergabung dengan kabupaten induk Tulangbawang, pembangunan kedua kampung itu nyaris tak tersentuh pembangunan. Hal itu berbeda dengan pembangunan di sejumlah kampung lainnya yang hampir setiap tahun mendapatkan alokasi pembangunan melalui APBD.

"Pembangunan yang dirasakan masyarakat kedua kampung ini baru sebatas rehabilitasi jalan sepanjang empat kilometer. Itu pun baru dilakukan pada 2010 lalu, dan saat ini kondisi jalannya kembali rusak," ujar dia.

Menanggapi keluhan perwakilan tokoh masyarakat tersebut, Bachtiar Basri mengatakan Pemkab akan memprioritaskan pembangunan di dua kampung tersebut. Untuk pembangunan awal, Pemkab akan membangun jembatan gantung. Itu akan dianggarkan pada APBD 2011. "Untuk jalan akan dilakukan secara bertahap yang disesuaikan dengan kemampuan Pemkab," kata Bachtiar. (MER/D-3)

1 comment:

  1. Pada rfa orde baru dahulu menelantarkan Tiyuh Toho dan memprioritaskan lokasi transmigrasi adalah wajar wajar saja. Tetapi menelantarkan Tiyuh Toho di Era Reformasi ini bisa dihitung kelalayan. Untung Bpk Bupati cepat tanggap.

    ReplyDelete