Sunday, June 26, 2011

Pengendara Khawatirkan Munculnya Gajah di Jalan


gambar ilustrasi

Satwa liar Ruwa Jurai Lampost : Senin, 27 Juni 2011

LIWA (Lampost/Ant): Pengendara yang melintas di jalur lintas barat (jalinbar) Kabupaten Lampung Barat mengaku terusik dengan munculnya gajah liar.

"Ada dua ekor gajah yang menampakkan diri di jalan nasional ini, keberadaannya sangat mengejutkan kami. Bahkan, kemunculannya yang secara tiba-tiba hampir saja membuat kami panik dan celaka," kata Arianto (37), pengendara yang berasal dari Bengkulu, Minggu (26-6).

Dia juga mengatakan hewan besar itu keluar dari hutan sekitar pukul 23.21, dan berada di sisi jalan negara tersebut. Menurut Arianto, meskipun tidak mengganggu, keberadaan hewan besar berbelalai itu membuat takut.

"Dalam keadaan seperti ini, jelas kami takut dan keselamatan kami menjadi terancam. Dikhawatirkan gajah itu mengamuk dan menghancurkan kendaraan kami," ujarnya.

Arianto juga menjelaskan kalau jalinbar kerap dilalui gajah sehingga perlu kewaspadaan saat melintas, terutama di lokasi hutan kawasan.

Pengendara lain, Sukir (40), mengatakan dua ekor gajah yang turun ke jalan hanya menampakkan diri tanpa mengganggu kendaraan yang melintas. "Saat saya dan kendaraan lain melintas di kawasan hutan yang berada di Kecamatan Bengkunat, hewan itu hendak menyeberang. Tapi, kedua gajah itu tidak melakukannya karena terkejut dengan keberadaan kami," kata dia.

Sukir menuturkan sejumlah kendaraan yang ada di lokasi membunyikan klakson kendaraan agar hewan tersebut menyingkir. Setelah itu, kemunculan gajah itu hanya berlangsung beberapa menit.

"Saat melintasi jalur lintas barat yang berada di kawasan hutan, kami pasti takut. Sebab, jalan negara ini berada di jantung hutan kawasan, dan beberapa titik memang menjadi tempat perlintasan satwa."

Diberitakan sebelumnya, sekitar 25 ekor gajah berada di area perkampungan warga Kecamatan Bengkunat Belimbing. Diduga, dua ekor gajah termasuk kawanan satwa yang masih dalam pengawasan petugas. (D-3)

No comments:

Post a Comment