Saturday, February 12, 2011

2 Kecamatan Jadi Kawasan Minapolitan

Ruwa Jurai Lampost : Kamis, 10 Februari 2011

PUSAT BUDIDAYA PERIKANAN

GEDONGTATAAN (Lampost): Kecamatan Padangcermin dan Kecamatan Punduhpidada merupakan dua kawasan minapolitan di Kabupaten Pesawaran. Tahun ini pelaksanaan pembangunan segera dilaksanakan.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pesawaran Edwar Sulaiman, Selasa (8-2), mengatakan minapolitan merupakan gerakan meningkatkan pendapatan masyarakat di sektor perikanan.

Dipilihnya dua lokasi sebagai kawasan minapolitan, menurut Edwar Sulaiman, karena dua kecamatan tersebut bisa digunakan untuk budi daya ikan kerapu. Kondisi laut sangat mendukung karena berbentuk teluk dan memiliki banyak pulau sehingga pembudidaya ikan kerapu akan menghasilkan ikan kerapu yang baik.

Dia menjelaskan pembudidaya yang tidak memiliki modal akan dijembatani oleh kredit usaha rakyat (KUR) karena sudah ada kerja sama antara Kementerian Perikanan dan Kelautan dengan Bank BTN.

Budi daya ikan kerapu dan rumput laut dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

Menurut dia, pasar terbesar untuk ikan kerapu adalah China, Korea, dan Singapura dengan kisaran harga untuk kerapu bebek per kilogram Rp432 ribu dan kerapu macan Rp90 ribu dan untuk kerapu lainnya seharga Rp75 ribu.

Dalam sekali panen, pembudidaya ikan kerapu bisa menghasilkan 468 ton ikan kerapu semua jenis, dengan penjualan total Rp123 miliar.

Untuk mengoptimalkan usaha, Dinas Kelautan dan Perikanan setempat terus memberikan pembinaan untuk pembudidaya ikan kerapu dan rumput laut. (MG7/D-1)

1 comment: