Thursday, May 4, 2017

Prenong Angkon Muakhi Dengan Masyarakat Bulok


Lampos edisi Jumat 29 April 2017 dalam rubrik Ruwa Jurai memuat berita tentang aktivitas Buwai Prenong dari Warga Sekala Brak yaitu Angkon Muari dengan masyarakat Bulok Waylima Pringsewu. Mereka ini sudah puluhan tahunmenetap di Kecamatan Suwoh dan Bandar negeri Suwoh. Mereka melaksanakan acara Angkon Muari (angkat saudara) dengan  Keaksian Prenong Kelompok Paksi Pak Sekala Brak.

Sejatinya angkat muari ini adalah sesuatu yang asing lasgi bagi masyarakat adat Paksi Pak Sekala Brak yang terdiri dari (1) Buway Prenong, (2) Nyerupa, (3) Buway Bejalan di Way dan (4) Buwai Nyerupa. Sejak semula kebuayan ini memiliki daerah teritorial yang cukup jelas terdiri atas berapa Mekonan kelompok masyarakat.

Bila ada warga dari Kebuaian yang lain tinggal menetap di wilayah teritorial kebuaian yang lain dalam waktu yang lama dan seperti tak memiliki rencana untuk berpindah tempat tinggal di Kebuaian lainnya, biasanya yang bersangkutan melaksanakan angkon muari dengan Kebuaian setempat, dan bahkan diberikan kedudukan dan gelar keadatan yang terhormat kepada yang bersangkutan, sehingga yang bersangkutan dapat dilibatkan dalam berbagai aktivitas bah mekonan. (komunitas perkampungan) tampa canggung.

Demikian juga dengan angkon muari antara masyarakat komunitas kebuaian Prenong yang juga banyak tinggal di lingkungan komunitas kebuaian yang lain, adalah tak masalah angkon muari denganmasyarakada hal yang juga cukup unik dalam angkon muari ini, bahwa sekalipun telah diberikan gelar dan kedudukan di komunitas tertentu, tetapi jabatan dan gelar keadatan ditempat asal tidaklah harus dilepas, tak menjadihalangan tetap melaksanakan tugasnya dan fungsi keadatan di tempat asal.

No comments:

Post a Comment