Tuesday, October 30, 2012

Media Massa Agar Ikut Meredakan Konflik



BANDAR LAMPUNG (Lampost.Co): Anggota DPRD Provinsi Lampung Gufron Azis Fuadi meminta media massa harus ikut berkontribusi meredakan konflik di Lampung Selatan (Lamsel). "Bukan justru memperuncing situasi yang tanpa disulut pun potensial menyebabkan sumbu' konflik terbakar," kata Gufron yang juga Ketua Umum Dewan Pimpinan Wilayah Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Lampung Gufron Azis Fuadi, Selasa (30-10).

Gufron menambahkan, dalam memberitakan konflik, media diharapkan dapat lebih arif dan hati-hati serta lebih mempertimbangkan dampak negatif pemberitaan tersebut bagi kemanusiaan. "Khususnya kasus Lampung Selatan maupun liputan konflik dimanapun, kami menghimbau agar rekan-rekan pers tidak terjebak untuk berlomba menampilkan konflik secara vulgar," ujar anggota DPRD Lampung dari daerah pemilihan Lamsel ini.

Menurut Gufron, penyelesaian konflik antar etnis di sejumlah daerah rawan konflik juga harus melibatkan partisipasi kalangan pers. Pers justru harus berfungsi sebagai juru damai. "Lihat saja untuk kejadian Way Panji dan Balinuraga ini, tanpa harus menyajikan berita yang provokatifpun, di masyarakat sudah beredar himbauan atau pesan bernada provokasi," ujar Gufron.

Secara konkrit Gufron juga menghimbau Pemkab Lamsel serius melakukan upaya mediasi dan rekonsiliasi secara komprehensif. "Dulu Forkopimda pernah duduk bersama warga berkonflik. Pernah ada upaya, tapi mungkin penyelesaian belum menyentuh akar konflik," kata Gufron. (L-1)

No comments:

Post a Comment