Sunday, January 13, 2013

Korem 043 Petakan Konflik Lampung



BANDAR LAMPUNG (Lampost.co): Korem 043 Garuda Hitam Lampung memetakan situasi konflik di Provinsi Lampung terutama yang merupakan konflik laten.

"Konflik yang terjadi di Lampung setiap saat pasti ada, dan pemicu konflik itu biasanya bermula dari hal yang kecil," kata Komandan Korem 043/Gatam Kolonel CZI Amalsyah Tarmizi, di Bandarlampung, Senin (26-11).

Ia menjelaskan, beberapa konflik yang kerap terjadi antara lain di Kabupaten Lampung Selatan, kemudian sengketa lahan di Mesuji, lalu konflik horizontal di Lampung Timur antara masyarakat Jabung dengan kampung sekitarnya, dan di Kabupaten Lampung Tengah.

"Konflik yang terjadi di Lampung seperti arisan, selesai satu muncul di tempat lainnya, begitu terus terjadi secara bergiliran," kata dia lagi.

Selain konflik laten itu, menurut Amalsyah, ada persoalan baru di Lampung, seperti persoalan pelaksanaan pilgub dan yang terbaru persoalan upah minimum provinsi (UMP) di berbagai wilayah dan kemungkinan akan bergejolak pula di Lampung.

"Ini bahaya laten yang akan muncul jika kita tidak jeli dalam
penanganannya," kata dia lagi.

Konflik laten tersebut, menurut dia, jika ditelusuri ke belakang, pemicunya salah satunya adalah tingginya angka kriminalitas yang bermula dari kesenjangan ekonomi dan kesenjangan sosial.

Ke depan, Korem Gatam 043 berupaya memperkenalkan masyarakat dengan masyarakat lainnya dengan mengadakan sebuah agenda pertemuan hiburan yang melibatkan antarmasyarakat di daerah ini, sehingga diharapkan dapat saling menyatu. (ANT/L-4)

No comments:

Post a Comment