Thursday, June 21, 2012

PENDIDIKAN : Kelurahan dengan Segudang Sekolah


Peta Kota Bandar Lampung

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Kelurahan yang warganya banyak bersuku Lampung ini sebagai salah satu wilayah pendidikan. Banyak sekali institusi pendidikan yang ada di kelurahan ini, salah satunya SMAN 1 Bandar Lampung yang sering mendapatkan penghargaan.

Kemudian ada SMA Negeri Stikma (industri), SMA Utama, dan SMA Utama 1. Selain itu, ada SMPN 1 Bandar Lampung, SMPN 2 Bandar Lampung, SMPN 23 Bandar Lampung, SMPN 4 Bandar Lampung. Kemudian ada dua SMP swasta, yakni SMP Utama dan SMP Utama 1.

Selanjutnya, ada SDN 1 Bandar Lampung, SDN 2 Bandar Lampung, SD Xaverius, SD Fransiskus, dan SD Palem Kid.

Sedangkan bidang pendidikan anak-anak di bawah lima tahun, terdapat TK Al Amin, TK Faransiskus, TK Xaverius, dan TK Trisula. Kemudian terdapat dua pendidikan anak usia dini (PAUD), yakni PAUD Kemala dan PAUD Al Amin.

"Kelurahan ini termasuk wilayah pendidikan juga di Bandar Lampung. Kami juga memiliki lembaga-lembaga kursus, seperti Ganesha Operation, English Course, Be Smart, dan Lembaga Pendidikan Palem Kid," ujar Lurah Rawalaut Muhammad Isan.

Dalam bidang kesehatan, kelurahan ini memiliki pos kesehatan kelurahan (poskeskel) yang berada di Jalan Mas Mansyur, RT 01, Lk. I. Poskeskel ini pun memiliki satu bidan dan dua perawat.

Poskeskel ini buka setiap Senin—Kamis pukul 08.00—14.00, Jumat 08.00—11.30, dan Sabtu pukul 08.00—13.00. Poskeskel ini pun bisa melayani warga yang menggunakan Jamkesmas, Jamkesda, maupun Jampersal.

"Pelayanan di poskeskel ini gratis. Alhamdulillah, banyak warga yang datang. Kalau untuk puskesmas, kami masih menginduk di Puskesmas Satelit," kata Salfiah, salah satu pengurus poskeskel.

Dalam bidang kesehatan lainnya, kelurahan ini memiliki tiga posyandu, yakni Posyandu Kemala I—III. Di Posyandu Kemala II, bisa melayani kesehatan bagi warga lansia selama satu bulan sekali. Kemudian sering menggelar senam pagi bagi warga lansia setiap Minggu.

Kelurahan ini memiliki empat rumah bersalin yang diasuh oleh bidan, yakni Bidan Karsiem di RT 04, Lk. II, Bidan Sri di RT 04, Lk. II, Bidan Naimah di RT 06, Lk. I, dan Bidan Alen di RT 01, Lk. I.

Memiliki dua balai pengobatan dan terdapat tujuh rumah dokter yang membuka praktek di rumahnya sendiri. Selain itu, memiliki Toko Obat Sinar Waluyo dan ada Apotek Anda.

"Kami juga memiliki Laboratorium Prodia di Jalan Jenderal Sudirman dan Rumah Sakit Mata Permana Sari di Jalan H.O.S. Cokroaminoto," kata Isan yang pernah menjabat sebagai kasi Penetapan Dokumen KK dan KTP di Disdukcapil Kota Bandar Lampung ini.
(MG5/K-1)
Lamis 21 Juni 2012

No comments:

Post a Comment