Thursday, June 21, 2012

Mesuji Bentrok, 3 Tewas


MESUJI (Lampost): Bentrok antarwarga meledak di perbatasan Lampung-Sumatera Selatan (Sumsel). Tiga warga tewas dan enam lainnya luka-luka.

Pertikaian antara warga Pematangpanggang, Kecamatan Mesuji, Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan, dan kelompok bela diri Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) terjadi di Desa Pematangpangang, Mesuji, OKI.

Korban tewas, yakni Darmasyah, Amin, dan satu orang lagi belum diketahui identitasnya. Enam warga mengalami luka, tiga di antaranya diketahui bernama Suari, Mujidin, dan Deni.

Beragam versi pemicu bentrok muncul. Penelusuran Lampung Post, setidaknya ada tiga versi penyebab bentrok. Pertama, bentrok berawal saat latihan kenaikan tingkat anggota PSHT di Blok C, Surya Adi, OKI, Minggu (17-6), pukul 17.00. Sepeda motor milik warga PSHT hilang, tetapi dapat ditemukan kembali.

Akan tetapi masalah tidak selesai sampai di situ. Pelaku yang diduga mencuri dan rekan-rekannya mencegat rombongan PSHT yang pulang dari ujian kenaikan tingkat.

Kemudian ada yang ke lapangan tempat latihan anggota PSHT, lalu mengamuk menggunakan senjata tajam. Akibatnya, satu orang tewas di lokasi dan dua orang di rumah sakit.

Versi kedua menyebutkan pemicu karena perkelahian antara dua warga PSHT dan dua warga Desa Pematangpanggang yang disebabkan teman wanita. Puluhan pemuda Pematangpanggang mengintai dan mencegat warga PSHT yang pulang ujian kenaikan tingkat. Terjadi perkelahian yang menimbulkan korban tewas di pihak PSHT.

Versi terakhir, pemicu bentrok yakni saling ejek antara pemuda Pematangpanggang dan PSHT. Akibatnya terjadi perkelahian, kemudian ratusan warga Pematangpanggang bersenjata golok dan tombak ke Pasar Gajah, Desa Surya Adi.

Kebetulan konvoi sepeda motor anggota PSHT melintas di lokasi sehingga terjadi pembantaian oleh warga Pematangpanggang yang menewaskan tiga orang dan melukai enam anggota PSHT.

Mediasi Warga

Hingga kemarin sore, situasi di lokasi berangsur pulih. Kapolsek Pematangpanggang AKP Dwi Handoyo didampingi Kades Pematangpanggang Isye dan Kapolsek Simpangpematang AKP Efendi Koto yang ditemui di jembatan perbatasan Mesuji Lampung-OKI mengatakan situasi mereda karena peran aktif dua kepala desa perbatasan.

Bupati Mesuji, Lampung, Khamamik yang mengunjungi lokasi pascabentrok mengatakan segera bertemu Bupati OKI Ishak Mekki untuk menyelesaikan bentrok yang melibatkan warga Lampung dan Sumsel itu.

"Saya sudah kontak Bupati OKI Ishak Mekki. Besok (hari ini, red) di OKI ada rapat internal membahas masalah ini. Pelaku pasti akan ditindak," kata Khamamik.

Selain itu, Khamamik meminta Bupati OKI agar bertemu dalam satu koordinasi. "Kabupaten Mesuji tidak terlibat langsung dalam persoalan ini. Namun, karena ada anggota PSHT yang juga warga Kabupaten Mesuji sehingga diperlukan koordinasi antarpemerintah," kata Khamamik. (UAN/U-1)

Selasa 19 Juni 2012

No comments:

Post a Comment