Monday, January 10, 2011

Pascabentrokan : Pesta pengangkatan saudara Akan Digelar

Ruwa Jurai Lampost : Selasa, 11 Januari 2011

TERBANGGI BESAR (Lampost): Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Tengah memfasilitasi perdamaian pascabentrok berdarah antarkampung dengan menggelar rapat pembantukan panitia pengangkatan saudara, di Aula Pemkab, Minggu (9-1).

Kegiatan adat Lampung pengangkatan saudara itu, menurut rencana, akan digelar di Lapangan Kampung Nambahdadi, yang akan dimeriahkan pentas seni budaya Lampung dan Jawa.

Pascabentrokan berdarah 30 Desember lalu, saat ini, suasana tiga kampung yang bertikai dalam kondisi kondusif. Ahmad Wanto, ketua panitia kegiatan itu mengatakan pengangkatan saudara sudah merupakan tradisi atau adat Lampung.

Kegiatan itu sebagai implementasi dari salah satu prinsip masyarakat Lampung, yaitu nemui nyimah dan nengah nyappur. Di mana masyarakat Lampung sangat terbuka terhadap siapa saja dan dari suku apa saja.

"Dengan dilaksanakannya prosesi adat Lampung pewaghian atau pengangkatan saudara itu, diharapkan dapat menghapus segala bentuk dendam dan dapat menjalin tali silaturahmi yang lebih erat lagi," kata Ahmad Wanto.

Rapat kegiatan pengangkatan saudara dipimpin Assiten I Bidang Pemerintahan Riva'i Daniel, didampingi Kasat Pol. PP Lamteng Usman Narowi. Hadir sejumlah pejabat Pemkab Lamteng lainnya dan masyarakat tiga kampung (Kampung Nambahdadi, Tanjungratu Ilir, dan Fajarmataram.

Hadir pula Camat Terbanggibesar, Camat Way Pengubuan, dan Camat Seputihmataram. "Intinya, semua ingin persoalan dapat diselesaikan dengan mempererat tali silahturahmi dan meningkatkan persaudaraan," kata dia. (RLS/D-3)

No comments:

Post a Comment